Mainan Anak Perempuan - s1.bukalapak.com
Mainan

Sejarah Boneka Teddy Bear, Mainan Anak Perempuan Favorit Sepanjang Zaman

Boneka Teddy Bear merupakan boneka berbentuk beruang yang paling disukai oleh perempuan dari segala umur. Mainan anak perempuan ini menjadi kado yang paling sering diberikan sebagai perwujudan cinta dan kasih sayang. Tahukah Anda bagaimana asal usul boneka beruang yang imut-imut tersebut?

Nama “Teddy” berasal dari nama panggilan Presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt sewaktu kecil. Presiden Roosevelt ini memiliki hobi berburu binatang liar, termasuk beruang. Kabarnya, nama “Teddy Bear” berasal dari kisah perburuan Presiden Roosevelt di daerah Mississipi.

Saat itu bulan November tahun 1902, Presiden Roosevelt pergi berburu beruang atas undangan Andrew H. Longino, Gubernur Mississipi. Sayangnya dalam perburuan kali ini Presiden Roosevelt tidak mendapatkan hasil buruan satu pun. Agar tidak kecewa, para pelayan presiden yang diketuai oleh Holt Collier melukai seekor beruang hitam dan mengikatnya di pohon willow  untuk ditembak presiden.

Presiden Roosevelt menolak menembaknya dengan argumen bahwa beruang tersebut sudah tidak berdaya. Beliau juga meminta kepada pelayannya untuk segera membunuh binatang tersebut agar penderitaan si beruang berakhir. Sikap sportif ini kemudian menarik perhatian Clifford Berryman, seorang animator yang mengangkat peristiwa tersebut dalam bentuk animasi di surat kabar Washington Post.

Morris Michtom, pemilik toko mainan Morris and Rose yang melihat animasi tersebut menjadi terilhami untuk membuatnya menjadi boneka. Kemudian, Michtom mengirim surat kepada Presiden Roosevelt untuk meminta izin menggunakan nama Teddy sebagai nama boneka ciptaannya. Gayung bersambut, beberapa waktu berselang sang presiden pun memberikan izin. Ternyata, boneka tersebut laku keras di kalangan warga Amerika hingga Michton mampu mendirikan sebuah perusahaan mainan bernama Ideal Novelty and Toy Co di New York.

  5 Keunikan Permainan FurReal

Di saat yang sama di Jerman, sebuah perusahaan mainan Margarete Steiff Gmbh membuat boneka beruang yang serupa didesain oleh Richard Steiff. Pada bulan Maret tahun 1903, Steiff memajang hasil karyanya tersebut dalam pameran Leipzig Toy Fair. Boneka tersebut berhasil menarik perhatian Hermann Berg yang kemudian memesannya sejumlah 3.000 boneka dan dikirim ke Amerika. Walaupun Michtom dan Steiff membuat boneka beruang di waktu yang bersamaan, keduanya tidak saling mengetahui mengingat sulitnya komunikasi di zaman tersebut.

Versi awal kemunculannya, mainan anak perempuan ini dibuat mirip dengan beruang asli dengan moncong panjang dan mata dari manik-manik. Namun, boneka beruang saat ini dibuat lebih lucu dengan mata lebar serta moncong lebih kecil. Jenis beruang yang dibuat pun beragam mulai dari beruang cokelat (grizzly), beruang kutub, serta panda. Bahan baku pembuatan boneka beruang semula berasal dari mohair (bulu kambing Angora). Sekarang Teddy Bear dapat dibuat dari bulu sintetis serta berbagai jenis kain, misalnya katun, kanvas, dan satin.

Berdasarkan sebuah penelitian, boneka beruang ini dinobatkan sebagai hadiah terbanyak yang diberikan seseorang di waktu-waktu spesial, seperti ulang tahun, Valentine, Natal dan tahun baru. Bahkan, terdapat festival Teddy Bear yang diadakan tiap tahun di beberapa negara, seperti Amerika, Jepang, Australia, Kanada, Inggris dan Jerman. Selain itu, boneka Teddy Bear juga digunakan oleh polisi di Amerika Serikat yang bertugas menangani situasi darurat terkait anak-anak. Misalnya, boneka ini digunakan sebagai pengalih perhatian anak-anak agar tetap tenang selama proses evakuasi.

Boneka Teddy Bear semakin berkembang dan mempunyai beragam bentuk, ukuran, warna, serta bahan baku. Walaupun mainan modern dengan teknologi canggih semakin banyak, Teddy Bear tetap mendapatkan tempat sebagai mainan anak perempuan terfavorit sepanjang zaman.

  5 Pilihan Mainan Seru untuk Ramaikan Ulang Tahun Si Kecil. Mau Pilih yang Mana?