Permainan Peran atau Aktivitas Sehari-hari - mother-ease.com
Mainan

5 Mainan Edukasi untuk Anak Usia di Bawah Lima Tahun (Balita)

Bagi anak-anak, aktivitas bermain lebih dari sekadar aktivitas bersenang-senang dan pengisi waktu luang. Nyatanya, aktivitas ini juga sangat bermanfaat untuk membantu proses stimulasi perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Utamanya, ketika mereka berada di lima tahun pertama yang merupakan masa emas (golden age) dari tahap perkembangannya.

Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk memilihkan mainan edukasi guna mengisi dunia bermain anak. Pilihlah jenis mainan yang tidak hanya mampu membuat anak senang dan gembira, tetapi juga bisa merangsang saraf motorik, cara berpikir dan berbahasa.

Berikut beberapa jenis permainan yang cocok untuk anak usia di bawah lima tahun (balita).

 Puzzle

Puzzle - etfile.com
Puzzle – etfile.com

Puzzle adalah mainan yang terdiri dari pecahan-pecahan bentuk berukuran sedang-kecil dengan tema-tema seperti angka, huruf, profesi, atau yang lainnya. Mainan yang dimainkan dengan cara dibongkar dan disusun kembali hingga menyerupai gambar tertentu ini, berguna untuk merangsang saraf motorik halus serta daya konsentrasi dan berpikir anak.

Karenanya, permainan ini cocok untuk anak-anak mulai dari usia 1 atau 2 tahun hingga usia 5 tahun atau lebih. Yang membedakannya hanyalah tingkat kerumitan dan bahan pembuatannya yang disesuaikan dengan kategori “aman” untuk usia anak.

Mainan Blok atau Balok Rancang Bangun

Mainan Blok atau Balok Rancang Bangun - yonbe.files.wordpress.com
Mainan Blok atau Balok Rancang Bangun – yonbe.files.wordpress.com

Pada permainan balok rancang bangun, anak akan diajak untuk menyusun benda berdasarkan bentuk dan warnanya, hingga tercipta sebuah bangunan seperti rumah, mobil, atau yang lainnya. Anak tidak hanya akan dikenalkan dengan konsep bentuk dan warna benda, melainkan juga diajak untuk menghasilkan dan membentuk sesuatu secara kreatif.

Jadi, bisa dibilang, mainan edukasi ini adalah mainan tahap lanjutan setelah anak mengenal konsep bentuk dan warna sederhana. Lebih dari itu, mainan ini juga sangat baik untuk melatih otot-otot tangan dan saraf motorik halus anak.

  5 Jenis Mainan Edukasi untuk Anak Perempuan

Permainan Peran atau Aktivitas Sehari-hari

Permainan Peran atau Aktivitas Sehari-hari - mother-ease.com
Permainan Peran atau Aktivitas Sehari-hari – mother-ease.com

Ketika menginjak usia 3-5 tahun, anak akan mulai mengeksplorasi segala hal yang ada di lingkungan sekitar dan cenderung menirukannya. Di tahap ini, daya imajinasi dan kreativitas anak juga tengah berkembang, sehingga mereka membutuhkan mainan yang mampu menjadi sarana penyalurannya.

Karenanya, salah satu permainan edukatif yang cocok untuk anak usia ini adalah permainan peran. Permainan peran sendiri tak lepas dari kehidupan nyata yang pernah mereka lihat atau alami, misalnya permainan peran dokter-pasien, permainan masak-masakan, dan lainnya. Dengan permainan ini, anak tidak hanya akan diajak untuk berimajinasi dan berpikir kreatif, tetapi juga diajak untuk berinteraksi dan berkomunikasi.

Flash Card

Flash Card - babiesbloomstore.com
Flash Card – babiesbloomstore.com

Pada dasarnya, kartu-kartu edukatif ini bisa diberikan pada anak ketika mereka mulai menginjak usia 1,5 tahun. Untuk anak batita (usia di bawah tiga tahun), flash card tersedia dalam jenis atau model binatang, buah, anggota badan, atau yang lainnya. Sementara untuk kategori usia di atasnya, flash card yang harus diberikan adalah flash card huruf, angka, dan kosakata asing.

Mainan kartu ini bisa digunakan sebagai media untuk menstimulasi sekaligus mengenalkan anak dengan konsep dasar seperti huruf, angka, dan kosakata.

Playpad Bilingual

Playpad Bilingual - cdn.shopify.com
Playpad Bilingual – cdn.shopify.com

Di era digital ketika anak-anak balita sudah mengenal teknologi, orang tua pun perlu menyediakan permainan edukasi yang hampir menyerupai gadget namun lebih aman untuk anak-anak. Ya, playpad bilingual juga penting untuk Anda miliki.

Dengan mainan ini, anak bisa bermain dengan gawai tanpa harus khawatir dengan adanya efek-efek negatif seperti halnya pada gawai atau ponsel pintar. Playpad ini hadir dengan permainan-permainan edukasi yang akan mengenalkan anak dengan konsep-konsep dasar, maupun permainan yang akan melatih cara berpikir dan kinerja otak anak. Uniknya, playpad dikemas dalam dua bahasa sehingga khazanah pengetahuan bahasa anak juga akan diasah.

  Sejarah Boneka Teddy Bear, Mainan Anak Perempuan Favorit Sepanjang Zaman

Yuk, lengkapi dunia bermain anak dengan mainan edukasi tersebut agar proses perkembangan anak bisa lebih optimal.

Pencarian Terbaru:

  • https://www mainan com/mainan-edukasi/