Mainan Anak - i.ytimg.com
Mainan

Ini 5 Rekomendasi Mainan Anak untuk Penunjang Kreativitas

Pada masa-masa awal usianya, bermain merupakan salah satu aktivitas penting yang memungkinkan anak untuk mempelajari hal-hal baru, mengembangkan kemampuan sosialnya, melatih kreativitas, dan bersenang-senang. Melalui permainan, orang tua pun bisa mencari tahu minat dan bakat yang dimiliki sang buah hati.

Untuk menunjang perkembangannya, tentunya orang tua perlu memilih mainan anak secara bijak. Sekarang sudah banyak macam permainan yang dirancang untuk menghibur si kecil sambil mengembangkan kreativitasnya. Beberapa permainan bahkan bersifat multiplayer sehingga bisa menjadi sarana bonding yang menyenangkan.

Nah, berikut 5 macam mainan anak yang dapat menunjang kreativitas:

Play-Doh

Mainan Anak - store.storeimages.cdn-apple.com
Mainan Anak – store.storeimages.cdn-apple.com

Di Indonesia, permainan ini dikenal sebagai lilin malam. Meskipun sederhana, permainan ini dapat mengembangkan imajinasi si kecil. Dengan permukaan yang fleksibel dan beragam warna yang atraktif, anak dapat membuat berbagai macam objek dan mainan dengan membentuk dan menggabungkan setiap dadu lilin.

Ada banyak varian atau tema Play-Do, dari mulai cupcake, es krim, hingga karakter-karakter kartun seperti Nemo dan Dory. Selain itu, tersedia pula perangkat khusus seperti shape-cutter yang bisa digunakan ketika bermain. Dengan Play-Doh, si kecil dapat menuangkan imajinasinya ke dalam objek nyata.

Lego

Mainan Anak - i.ytimg.com
Mainan Anak – i.ytimg.com

Sebagai salah satu mainan anak klasik, Lego merupakan permainan asal Denmark yang memungkinkan anak untuk menempelkan dan menggabungkan balok-balok Lego menjadi berbagai objek, dari mulai transportasi, bangunan, hingga dinosaurus. Dengan tampilan balok yang berbeda, Lego dapat menjadi sarana bagi si kecil untuk mempelajari beragam bentuk dan warna.

Selain varian klasik, Lego hadir dalam berbagai tema yang menarik, seperti mobil balap, pesawat, istana kerajaan, kereta api, kartun anak, hingga pahlawan super. Si kecil juga bisa bermain peran bersama teman-temannya menggunakan pion-pion Lego berbentuk manusia sehingga keterampilan sosialnya turut terasah.

  5 Mainan Anak Perempuan sebagai Penunjang Aktivitas di Luar Ruangan

Telestrations

Mainan Anak - gamesworld.com.au
Mainan Anak – gamesworld.com.au

Pada dasarnya, Telestrations merupakan permainan menebak yang menggabungkan elemen verbal dan visual. Satu set permainan ini terdiri atas seperangkat kartu, buku kecil, dan spidol nonpermanen.

Setiap pemain memilih satu frasa dari kartu yang didapatkan, kemudian menuliskan frasa pilihannya pada halaman pertama buku. Setelah itu, buku diberikan kepada pemain yang ada di sampingnya dan ia harus menggambar frasa yang dipilih pemain pertama.

Pemain tersebut kemudian memberikan buku kepada pemain di sebelahnya, tetapi kali ini ia harus menebak frasa dari gambar yang dibuat sebelumnya. Alur ini kemudian berulang hingga pemain mendapatkan bukunya kembali. Jawaban-jawaban jenaka yang muncul tentu akan menambah keceriaan dalam permainan ini.

Doodle Pro

Mainan Anak - zukun.com
Mainan Anak – zukun.com

Jika si kecil senang melukis, Doodle Pro dapat menjadi pilihan mainan anak yang praktis, terutama untuk dibawa bepergian. Papan gambar magnetik ini tersedia dalam berbagai ukuran dan dilengkapi dengan pulpen magnet dan stempel dengan bentuk yang menarik. Anak-anak dapat menggambar di atas papan, kemudian menghapusnya menggunakan wiper yang ada di bagian bawah papan.

Dengan Doodle Pro, si kecil tidak akan merasa bosan selama perjalanan jauh. Selain itu, varian-varian Doodle Pro dengan “tinta” berwarna memberikan lebih banyak pilihan bagi si kecil untuk berkreasi.

Slime

Mainan Anak - fortunedotcom.files.wordpress.com
Mainan Anak – fortunedotcom.files.wordpress.com

Bentuknya yang fleksibel dan elastis membuat Slime menjadi salah satu mainan anak yang cukup digemari. Produk yang pertama kali hadir pada tahun 1976 ini dipopulerkan oleh acara Nickelodeon’s Kids Award dan telah banyak dijual dalam berbagai varian dan warna.

Anda dan si kecil bisa berkreasi dengan membuat sendiri Slime menggunakan bahan-bahan seperti lem kayu, sampo, dan pewarna makanan. Video-video tutorial yang diunggah di situs seperti YouTube bisa menjadi panduan.

  Sejarah Boneka Teddy Bear, Mainan Anak Perempuan Favorit Sepanjang Zaman

Itulah ulasan mengenai lima mainan yang dapat mengembangkan kreativitas anak. Selain mengasyikkan, mainan-mainan tersebut juga memiliki unsur edukasi yang bermanfaat bagi perkembangan anak.