Sepeda atau Skuter - ae01.alicdn.com
Mainan

4 Jenis Mainan Anak Perempuan Usia 7-10 Tahun

Pada dasarnya, tidak ada batasan atau aturan khusus yang mengatur tentang pilihan mainan berdasarkan gender. Misalnya, anggapan bahwa mainan boneka hanya diperuntukkan bagi perempuan, dan permainan mobil/robot/bola sebagai permainan laki-laki. Pembatasan pilihan berdasarkan gender ini dikhawatirkan akan membatasi anak untuk menjelajahi beragam keterampilan dan kemampuan yang sejatinya bisa diperoleh melalui proses bermain.

Meski memang, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Cambridge University menyebutkan bahwa ada kecenderungan dari otak—laki-laki dan perempuan—untuk memilih jenis mainannya. Otak anak laki-laki memiliki kecenderungan untuk memilih mainan yang kasar, seperti mobil-mobilan, robot atau bola. Sementara bagi perempuan, otak mereka akam cenderung memilih mainan yang sifatnya halus, seperti bermain boneka dan bermain peran. Namun, bukan berarti kedua pilihan tersebut bersifat saklek atau tidak dapat dipertukarkan.

Nah, terlepas dari segala bentuk permasalahan atau isu gender, berikut beberapa mainan anak perempuan yang cocok untuk Anda pilih, utamanya bagi mereka yang berada dalam rentang usia 7-10 tahun.

Boneka

Boneka - 3.bp.blogspot.com
Boneka – 3.bp.blogspot.com

Sejatinya, boneka bukanlah permainan perempuan semata, melainkan laki-laki pun berkesempatan untuk memainkannya. Hanya saja, jika dilihat dari jenisnya, boneka yang diperuntukkan bagi anak perempuan memang lebih beragam dibandingkan boneka untuk anak laki-laki.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika mereka bermain dengan bonekanya, di antaranya merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak. Interaksi dalam permainan ini juga diyakini sangat baik bagi kemampuan bahasa dan keterampilan sosial anak.

Selain itu, untuk boneka sejenis Barbie, anak juga bisa dilatih untuk bertanggung jawab terhadap segala hal yang berkenaan dengannya. Misalnya, anak harus bertanggung jawab untuk mengganti pakaiannya, membersihkan rumahnya, dan aktivitas lainnya.

Alat Musik Mini

Alat Musik Mini - id-live-03.slatic.net
Alat Musik Mini – id-live-03.slatic.net

Jika di tahap usia sebelumnya (di bawah 5 tahun), kecerdasan musikal anak dilatih dengan mainan berupa kotak musik yang bisa berbunyi secara otomatis, maka di tahap usia ini anak bisa dikenalkan dengan alat musik yang sesungguhnya. Orang tua bisa memberikan alat musik mini yang dapat dimainkan sendiri oleh anak, seperti piano mini atau drum mini.

  5 Ciri Mainan Anak Bernilai Edukatif dan Dapat Memberikan Stimulasi pada Otak

Dengan bermain alat musik ini, anak akan dilatih untuk mengenal, mengolah, serta memainkan nada. Anda pun bisa mengajaknya bernyanyi agar anak juga bisa belajar meresapi rasa dan emosi. Kecerdasan musikal ini penting untuk membentuk anak yang kreatif serta memiliki kecerdasan emosional yang baik.

Sepeda atau Skuter

Sepeda atau Skuter - ae01.alicdn.com
Sepeda atau Skuter – ae01.alicdn.com

Di tahap usia ini, keterampilan menggerakkan anggota tubuh tentu sudah sangat baik. Tinggal bagaimana otot-otot tangan dan kaki tersebut dikuatkan agar anak memiliki kecerdasan fisik yang optimal.

Untuk menguatkan kecerdasan fisik tersebut, orang tua bisa memberi mainan anak perempuan berupa sepeda atau skuter. Keduanya adalah mainan yang baik untuk melatih penguatan otot tangan dan kaki, serta melatih koordinasi antara tangan, kaki, dan mata.

Tenda Mini

Tenda Mini - s0.bukalapak.com
Tenda Mini – s0.bukalapak.com

Ketika telah menginjak usia sekolah, umumnya seorang anak akan membutuhkan mainan yang berhubungan dengan sosialisasi, utamanya dengan teman sebaya. Mereka juga tengah berada di tahap usia gemar mengeksplorasi lingkungan sekitar, sehingga membutuhkan mainan yang bisa mendukung aktivitas tersebut. Karena itu, tenda mini adalah salah satu mainan yang tepat.

Dengan mainan ini, anak bisa bermain kemah-kemahan, baik di dalam rumah maupun di halaman depan/belakang. Anda pun bisa memanfaatkan mainan ini untuk bermain peran bersama anak. Agar kemah tersebut tampak nyata, Anda bisa melengkapinya dengan mainan masak-masakan atau mainan pendukung peran lainnya.

Nyatanya, permainan peran ini sangat baik bagi perkembangan kecerdasan interpersonal anak, serta mampu membentuk kedekatan antara orang tua dan anak.

Itulah beberapa mainan anak perempuan yang direkomendasikan sebagai penunjang kecerdasan dan keterampilan anak.