Mainan - sh-s7-live-s.legocdn.com
Mainan

Lego, Mainan Anak yang Digandrungi Orang Dewasa

Berdasarkan pendapat psikolog Martin Seligman, manusia dewasa seharusnya menyeimbangkan hidupnya melalui tiga aspek, yaitu love, work, dan play. Melalui aspek play, orang dewasa mampu mengurangi stres serta membantu mengaktifkan kreativitasnya. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus bijak dalam mengatur waktu antara ketiga aspek tersebut.

Mungkin Anda berpendapat bahwa mainan hanya untuk dimainkan anak-anak. Hal ini tidak benar karena banyak orang dewasa yang masih bermain dengan mainan anak. Contohnya mainan Lego, mainan berbentuk balok persegi panjang warna-warni yang memiliki tonjolan di bagian atas dan bagian bawahnya berupa segi empat berlubang.

Mainan balok ini bisa dirangkai dan disusun menjadi berbagai formasi, seperti rumah, gedung, mobil, robot, pesawat, dan lain sebagainya. Bermain bongkar pasang balok serta menyusunnya menjadi beragam bentuk memang mengasyikkan. Hal inilah yang membuat Lego digandrungi oleh beragam umur. Selain itu, bermain Lego bisa meningkatkan kreativitas seseorang serta menguji kecerdasannya.

Bentuk lain dari mainan ini  adalah minifix, yaitu karakter Lego yang berbentuk manusia. Perusahaan Lego terus mengembangkan bisnisnya hingga bekerja sama hingga menerbitkan lisensi dengan industri hiburan, misalnya komik dan bidang perfilman. Mainan Lego berlisensi bisa Anda jumpai di seri Lego DC Superhero, Lego Marvel, The Hobbit, Lego Star Wars, dan lain sebagainya.

Di tahun 2014, perusahaan mainan asal Denmark ini membuka toko resmi di Jakarta dengan interior terbaru pertama di dunia. Pembukaan toko ini merupakan wujud terima kasih Lego kepada Indonesia yang telah menjadi konsumen setia selama lebih dari 25 tahun. Anda bisa menemukan beragam jenis dan tema Lego di toko ini, misalnya City, Architecture, Star Wars, Friends, dan The Hobbit.

Di dalam toko itu juga terdapat pojok “Pick a Brick”, yaitu balok Lego yang dipasarkan secara terpisah dan Anda bisa secara bebas memilih lalu ditimbang. Sistem ini wajar dijumpai di cabang Lego luar negeri dan ditujukan bagi pembeli yang hanya memerlukan balok jenis tertentu untuk membuat objek berskala besar. Pihak perusahaan berencana membuka cabang lain di Bandung, Surabaya, Medan, dan kota-kota besar lain di Indonesia.

  4 Mainan Edukasi untuk Membantu Anak Belajar Al Quran

Sejarah Permainan Lego

Mainan anak Lego berawal dari kerajinan kayu kepunyaan Ole Kirk Christiansen, seorang pengrajin kayu di Billund, Denmark. Di tahun 1916, Ole Kirk membeli sebuah toko yang digunakannya memproduksi mebel dan peralatan membangun rumah. Namun, saat terjadi depresi besar di Eropa, Ole Krik mulai mengalami kemunduran dan hanya memiliki pegawai. Di saat inilah beliau mulai membuat mainan yang terinspirasi dari miniatur produknya yang digunakan sebagai model rancangan.

Di tahun 1923, Ole Kirk mulai memasarkan 28 jenis mainan kayu berupa mobil-mobilan, celengan, truk mainan, kereta tarik dan lain sebagainya. Nama Lego berasal dari bahasa Denmark leg god yang memiliki makna “bermain dengan baik”  atau dalam bahasa Latin berarti  “saya merangkai/menyusun”. Nama tersebut resmi digunakan perusahaan Ole Kirk pada tahun 1934. Di tahun ini pula Ole Kirk memutuskan untuk meninggalkan bisnis bahan bangunan dan hanya membuat mainan.

Plastik hadir di Denmark setelah Perang Dunia II usai, membuat perusahaan ini membeli sebuah mesin cetak plastik untuk membuat mainan truk yang bisa dibongkar pasang. Di tahun 1949, Ole Kirk dibantu putranya, Godtfred mulai memproduksi balok plastik yang terinspirasi dari bata plastik buatan perusahaan Kiddicraft. Balok plastik pertama buatan Lego diberi nama automatic binding bricks yang kemudian diubah menjadi Lego Mursten (bata Lego).

Kebakaran besar yang menimpa pabrik di tahun 1960 membuat Lego sepenuhnya meninggalkan produksi mainan kayu dan fokus membuat mainan berbahan dasar plastik. Penjualan Lego pun berkembang pesat hingga menyebar ke negara-negara di Eropa, seperti Inggris, Prancis, dan Belgium.

Demikianlah sejarah perusahaan Lego yang kini menjelma menjadi kerajaan mainan anak yang juga digandrungi orang dewasa di seluruh dunia.

  10 Mainan Anak Terpopuler di Lazada