Mainan Bayi - Mojomums.co.uk
Mainan

5 Mainan Bayi Usia 1 – 4 Bulan untuk Menstimulasi Saraf Motoriknya

Memiliki bayi pasti menjadi satu kebahagiaan yang tak tergantikan bagi Ayah dan Bunda, terlebih jika si kecil adalah buah hati pertama. Ayah dan Bunda pun tentu akan mempersiapkan berbagai keperluan si kecil, mulai dari popok, perlengkapan mandi, boks tidur, hingga mainan bayi.

Menginjak usia 1 bulan, si kecil sudah mulai menunjukkan gerakan-gerakan kecil. Hal ini berarti sistem motoriknya mulai mengalami perkembangan. Seiring dengan bertambahnya usia, si kecil pun akan semakin aktif menunjukkan gerakan, mulai dari menoleh, mendongak, menendang, hingga tengkurap. Agar terlatih lebih maksimal, Bunda dan Ayah bisa menstimulasinya dengan melakukan memberikan mainan bayi, seperti berikut ini:

Mainan Gantung

Mainan Bayi - Aliexpress mobile
Mainan Bayi – Aliexpress mobile

Mainan bayi pertama yang bisa menstimulasi perkembangan saraf motorik juga sensorik si kecil adalah mainan gantung. Mainan ini biasanya hadir dalam bentuk aneka jenis hewan berukuran kecil. Seperti namanya, mainan ini akan digantung di atas kepala si kecil, sehingga mereka bisa melihatnya bergoyang atupun berputar ketika dinyalakan.
Selain untuk bermain, mainan gantung ini juga berfungsi untuk menenangkan si kecil jika mereka rewel atau menangis. Oleh karena itu, beberapa mainan gantung dilengkapi dengan lagu-lagu bernada lembut. Tak heran jika si kecil pun akan cepat terlelap saat mendengarkannya.

Donat Warna

Mainan Bayi - Aliexpress.com
Mainan Bayi – Aliexpress.com

Donat warna merupakan sebuah mainan bayi yang bentuknya menyerupai kue donat dengan ukuran yang beragam. Mainan ini dilengkapi dengan sebuah tiang yang berfungsi untuk tempat donat-donat tadi diletakkan, dengan susunan dari yang terbesar hingga terkecil.
Mainan ini tak hanya memacu perkembangan saraf motorik si kecil, tetapi juga meningkatkan ketertarikannya terhadap warna-warna dari donat tersebut. Melalui permainan ini, Ayah dan Bunda juga bisa mengetahui ukuran dan warna yang disukai si kecil dengan memperhatikan donat yang sering dipilihnya.

  5 Alasan Mengapa Permainan Baby Alive Cocok untuk Anak Perempuan

Boneka Kecil

Mainan Bayi - Wheretoget.it
Mainan Bayi – Wheretoget.it

Tak hanya di kalangan anak-anak, boneka juga menjadi mainan yang digemari bayi. Selain menstimulus perkembangan saraf motorik si kecil, jenis mainan bayi satu ini bisa merangsang kemampuan bicara mereka, meskipun hanya berupa gumaman atau dengkuran. Namun, Ayah dan Bunda bisa merangsangnya untuk tersenyum dan tertawa kesenangan dengan berpura-pura mengajak boneka tadi berbicara.

Tubuh si kecil yang masih amat rapuh dan rentan tentu belum bisa menerima beban yang terlalu berat. Oleh karena itu, Ayah dan Bunda bisa mencarikan boneka berukuran kecil atau sedang yang mudah digenggam dan dipeluk oleh si kecil. Tidak harus boneka teddy bear, boneka hewan dengan muka yang lucu bisa menjadi alternatif ya.

Buku Cerita Bergambar

Mainan Bayi - Mojomums.co.uk
Mainan Bayi – Mojomums.co.uk

Mengenalkan pendidikan sejak dini pada si kecil merupakan satu hal yang tak boleh terlupakan bagi Ayah dan Bunda. Tidak harus menunggu hingga si kecil bisa membaca, Ayah dan Bunda bisa mengedukasi mereka dengan membelikan buku anak bergambar. Si kecil memang tak akan memahami kata-kata yang tertulis di sana, tetapi mereka akan tertarik dengan gambar-gambarnya yang lucu. Saat sedang bersantai, Ayah dan Bunda bisa membacakan cerita yang ada pada buku tadi pada si kecil.

Bola Bergerigi

Mainan Bayi - Plaper's Kids Toy
Mainan Bayi – Plaper’s Kids Toy

Mainan bayi terakhir yang bisa Ayah dan Bunda belikan untuk si kecil adalah bola bergerigi. Bergerigi di sini adalah memiliki tonjolan-tonjolan tumpul di seluruh permukaannya. Ayah dan Bunda tak perlu khawatir si kecil akan terluka, karena bola berwarna-warni ini sangat empuk.

Gerigi yang ada di seluruh permukaannya akan membuat bola ini tidak akan memantul terlalu tinggi atau pun menggelinding terlalu jauh, sehingga si kecil tetap bisa menjangkaunya dengan mudah. Bunda dan Ayah bisa mengajari si kecil memegang bola yang benar dan bagaimana melemparkannya. Selamat bermain dengan si kecil ya, Ayah dan Bunda!

  5 Jenis Mainan Edukasi untuk Anak Perempuan