Mainan Anak - Mashable
Mainan

5 Ciri Mainan Anak Bernilai Edukatif dan Dapat Memberikan Stimulasi pada Otak

Memasuki usia 1 hingga 10 tahun, anak-anak pasti suka bermain. Entah bermain dengan teman sebaya mereka di luar atau memainkan bermacam mainan anak di dalam rumah. Bermain tak selamanya buruk, kok, asalkan sebagai orang tua, Bunda dan Ayah selalu mengawasi dan mendampingi mereka.

Akan tetapi, tidak semua mainan anak memiliki nilai edukatif dan mampu mengasah kreativitas serta menstimulus otak mereka. Oleh karena itu, Bunda dan Ayah harus pandai dan cermat memilih saat hendak membelikan mainan untuk si buah hati. Pastinya, bermain sambil belajar akan jauh lebih menyenangkan dibandingkan dengan belajar saja, bukan? Yuk, kenali apa saja ciri mainan untuk anak yang memiliki nilai edukatif.

Melibatkan Si Kecil Secara Maksimal

Mainan Anak - Jojo Maman Bebe
Mainan Anak – Jojo Maman Bebe

Tidak hanya asal dimainkan, mainan anak yang bernilai edukatif justru menuntut keaktifan anak secara menyeluruh. Hal ini disesbabkan karena di usia belia, anak justru harus aktif bergerak agar motorik kasar dan halus mereka terbentuk dan berfungsi secara sempurna. Tentunya, ini sangat berbeda dengan mainan modern di ponsel pintar yang hanya mengandalkan pergerakan jari tangan.

Dengan memainkan permaianan edukatif, si kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang aktif bergerak, cekatan, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam segala hal. Selain itu, keberanian mereka pun akan ikut terasah.

Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Mainan Anak - Huffington Post
Mainan Anak – Huffington Post

Ciri mainan anak yang memiliki nilai edukatif berikutnya adalah yang mampu mengembangkan kemampuan problem solving pada diri anak. Kemampuan ini tentu sangat penting untuk tumbuh kembang anak, karena nantinya mereka pasti akan dihadapkan pada berbagai masalah, seperti menyelesaikan suatu pekerjaan.

Kemampuan problem solving ini juga berkaitan dengan cara yang akan dipilih anak sebagai solusi untuk segala masalah yang sedang mereka hadapi. Contoh mainan anak yang bisa memicu munculnya kemampuan problem solving ini adalah permainan bongkar pasang atau puzzle.

  5 Mainan Anak Laki-Laki yang Bisa Mengasah Kreativitas Mereka

Memacu Kreativitas

Mainan Anak - Tcplibrary.org
Mainan Anak – Tcplibrary.org

Aspek penting lainnya yang harus diperhatikan ketika membeli mainan anak adalah apakah mainan tersebut mampu memacu kreativitas pada si kecil. Jenis mainan yang bisa menjadi referensi misalnya Play Dough, pasir kinetik, dan lego. Ketiga jenis mainan tersebut dapat dibentuk atau disusun menjadi apa saja, sehingga melalui bentuk-bentuk yang telah dibuat si kecil, Ayah dan Bunda bisa mengetahui sejauh apa kreativitas mereka terasah.

Ke depannya, kreativitas ini tak hanya berguna untuk si kecil menciptakan sesuatu, tetapi mereka pun akan memiliki berbagai cara yang unik dalam memecahkan permasalahan sehari-hari yang mereka temui.

Mengasah Pengetahuan Dasar Si Kecil

Mainan Anak - News.psu.edu
Mainan Anak – News.psu.edu

Mainan anak selalu hadir dalam bentuk, ukuran, dan warna yang lucu. Hal ini disebabkan karena anak cenderung akan menyukai benda-benda yang menurutnya asing. Tak hanya itu, melalui berbagai model mainan ini, si kecil bisa mengenal ukuran besar kecil, bermacam jenis bentuk, seperti bulat, kotak, segitiga, lonjong, dan juga mengenal jenis-jenis warna.

Melatih Ketekunan dan Ketelitian Si Kecil

Mainan Anak - The Sun
Mainan Anak – The Sun

Jenis mainan anak yang mampu melatih ketekunan dan ketelitian si kecil adalah balok kayu susun atau lego. Semangat dan antusiasme yang tinggi biasanya akan membuat si kecil teliti dalam menyusun dan merangkaikan bagian demi bagiannya. Tak heran jika nantinya Ayah dan Bunda akan mendapati bentuk yang telah selesai mereka buat akan lepas atau hancur.

Ketelitian dan ketekunan ini mengacu pada sejauh apa anak mampu fokus dan berkonsentrasi saat mengerjakan sesuatu. Melalui mainan ini, daya ingat, fokus, dan konsentrasi anak akan terlatih. Hal ini dikarenakan tidak semua anak memiliki daya ingat dan konsentrasi yang sama. Jangan asal pilih ya Ayah dan Bunda, yuk buat si kecil jadi pintar lewat mainan!

  4 Mainan Edukasi untuk Membantu Anak Belajar Al Quran