Mainan Bayi yang Menggelinding - 3.bp.blogspot.com
Mainan

4 Jenis Mainan Bayi yang Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak di Tahun Pertama

Di awal kehidupan anak (bayi usia 0-12 bulan), proses belajar dan berkembang paling efektif adalah melalui dunia permainan. Permainan bisa merangsang dan melatih berbagai kemampuan anak, utamanya yang berkenaan dengan saraf motorik halus dan kemampuan pancaindranya. Karenanya, agar tumbuh kembang anak bisa optimal, orang tua memiliki peran penting untuk memilihkan mainan terbaik untuk putra-putrinya, bahkan sejak mereka masih bayi.

Dalam memilih mainan bayi, Anda tentu tidak boleh asal. Selain mempertimbangkan manfaat dan kesesuaian dengan usia anak, bahan pembuatan mainan juga perlu diperhatikan. Hal ini mengingat tidak semua mainan terbuat dari bahan dasar yang aman untuk kesehatan, keselamatan, dan perkembangan bayi.

Nah, berikut beberapa mainan bayi yang direkomendasikan karena kemampuannya untuk menjadi stimulator bagi tumbuh kembang anak di tahun pertamanya.

Mainan Gantung

Mainan Gantung - ae01.alicdn.com
Mainan Gantung – ae01.alicdn.com

Ketika seorang anak baru lahir (usia 0-1bulan), fungsi indra bayi masih belum berkembang secara optimal. Seorang bayi hanya mampu melihat benda berwarna hitam-putih, dengan jarak pandang optimal hanya sekitar 10-25 cm. Begitu pun halnya dengan indra pendengarannya yang juga masih sangat terbatas.

Untuk melatih perkembangan indranya—utamanya indra penglihatan dan pendengaran—berikan mainan gantung. Mainan ini biasanya berupa boneka atau rangkaian mainan berwarna yang bisa digerakkan dan mengeluarkan bunyi.

Gantung mainan tersebut sesuai dengan jarak pandang bayi, dan gerakkan mainan sehingga bisa mengeluarkan bunyi. Hal ini diyakini mampu menjadi stimulus utama bagi perkembangan indra penglihatan dan pendengaran bayi.

Boneka Tangan Lunak (Teether)

Teether - thesoftlanding.com
Teether – thesoftlanding.com

Menginjak usia 3-4 bulan, umumnya indra penglihatan bayi sudah berkembang sehingga bisa melihat dengan jarak yang lebih jauh. Tak heran jika di usia ini, mereka sudah bisa merespons segala bentuk interaksi, meski hanya sebatas senyum atau tertawa.

  5 Pilihan Mainan Seru untuk Ramaikan Ulang Tahun Si Kecil. Mau Pilih yang Mana?

Hanya saja, dalam rentang usia ini, bayi masih memiliki kelemahan dalam hal koordinasi tangan. Karenanya, orang tua perlu memberikan stimulus berupa mainan yang bisa dipegang. Mainan bayi ini bisa berupa boneka tangan yang lunak, mengingat di usia ini bayi juga tengah gemar menggigit.

Penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa mainan tersebut terbuat dari bahan yang aman. Tak bisa dimungkiri bahwa di pasaran juga banyak beredar mainan yang berbahaya ketika digigit, karena terbuat dari bahan yang bisa menyebabkan kanker.

Usahakan pula, pilihlah boneka yang tidak terlalu besar dan berat, agar anak dapat dengan mudah memegang dan menggenggamnya.

Mainan Bayi dengan Cermin

Mainan Bayi dengan Cermin - cdn.shopify.com
Mainan Bayi dengan Cermin – cdn.shopify.com

Ketika fungsi indra penglihatan bayi sudah berkembang lebih baik, mainan bayi yang juga bisa diberikan adalah mainan boneka dengan cermin. Dengan mainan ini, anak bisa belajar dari sesuatu yang baru, yakni melihat refleksi dirinya. Tak heran jika terkadang anak akan menunjukkan ekspresi bingung terhadap gambaran yang ada di depannya. Uniknya, jika sudah terbiasa, mereka akan betah berlama-lama melihat cerminan dirinya sembari tertawa atau menunjukkan ekspresi lainnya.

Mainan Bayi yang Menggelinding

Mainan Bayi yang Menggelinding - 3.bp.blogspot.com
Mainan Bayi yang Menggelinding – 3.bp.blogspot.com

Di tahap usia selanjutnya, utamanya ketika bayi sudah bisa duduk, orang tua bisa memberikan mainan yang dapat menjadi perangsang kemampuannya untuk merangkak. Misalnya, dengan memberinya mainan bola. Kemampuan bola yang bisa menggelinding diyakini mampu melatih anak untuk bergerak mengambilnya, yang pada akhirnya akan sangat bermanfaat bagi otot-otot kaki dan tangan anak.

Lebih dari itu, bola yang bertekstur juga sangat baik untuk merangsang kemampuan sensorik anak. Umumnya, bola bayi ini juga dapat dengan mudah ditekan dan mengeluarkan bunyi. Hal ini juga sangat baik untuk melatih cara berpikir sebab-akibat.

  5 Alasan Mengapa Permainan Baby Alive Cocok untuk Anak Perempuan

Itulah beberapa jenis mainan bayi yang bisa mendukung tumbuh kembang anak di tahap pertama usianya.